Rumah Nyaman Anti Lantai Licin, Begini Caranya

Setiap sudut rumah sudah seharusnya ditata dengan baik sesuai kegunaannya, karena rumah yang baik bukan cuma rumah yang sehat tetapi juga rumah yang nyaman dan aman bagi penghuninya. Penataan rumah yang baik bukan hanya terpaku pada pemilihan furniture, tetapi cara menatanya, kebersihan dapur juga sangat diperlukan. Banyak dapur mengalami masalah dengan lantai yang licin, sehingga hal itu sedikit mengganggu penghuni rumah. Hal itu karena lantai licin sangat berbahaya bila dibiarkan saja.

Banyak teknologi yang sudah membantu agar keramik menjadi tidak licin salah satunya hadirnya epoxy lantai. Kondisi lantai licin dapat membahayakan penghuni rumah, resiko terpeleset dapat membuat seseorang mengalami masalah kesehatan seperti stroke, patah tulang, keseleo, bahkan dapat menyebabkan seseorang meninggal. Dengan begitu, masalah lantai yang licin pada rumah harus segera diatasi.

 

Rumah Nyaman Anti Lantai Licin

Rumah Aman Bebas Dari Lantai Licin

Menurut jasa epoxy lantai profesional, yang menjadi penyebab utama lantai keramik rumah licin adalah cara pembersihan lantai yang kurang tepat. Keramik lantai dapur harus rutin dibersihkan agar tidak ada masalah lantai licin yang bisa menimbulkan resiko kecelakaan penghuninya. Mari kita simak beberapa cara agar lantai keramik di dapur bebas licin dan aman.

1. Membersihkannya lantai rumah dengan rutin

Lantai dapur yang bebas dari licin harus dibersihkan secara rutin dan teratur. Hindarkan lantai keramik agar tidak terkena minyak atau bahan masakan yang mengandung minyak, dan segera bersihkan bila ada noda atau makanan yang jatuh. Lantai merupakan bagian rumah yang selalu beresiko kotor dengan cepat, sehingga siapkan lap atau kain untuk menghapus noda pada lantai.

2. Gunakan pembersih yang benar

Di pasaran banyak tersedia produk pembersih keramik lantai yang dapat anda gunakan, tetapi cocokkan dengan jenis dan kebutuhan lantai keramik. Jika produk pembersih lantai rumah tidak tepat, akan semakin membuat kotoran atau residu tertinggal di lantai keramik, dan akhirnya lantai menjadi semakin licin. Pilih produk lantai keramik yang mengandung anti selip, bahan pembersih ini dapat membuat lantai menjadi bersih kesat, bebas licin, dan tentunya wangi.

3. Selalu pastikan lantai dalam kondisi kering

Jika anda selesai mengelap atau mengepel lantai keramik, usahakan untuk membuat lantai kering dengan sempurna. Gunakan lap kering atau memasang kipas pada lantai keramik dapat mencegah licin atau mengurangi resiko tergelincir. Hindarkan dapur dari bahan-bahan yang menimbulkan resiko licin seperti air, minyak, bubuk tepung, dan lain sebagainya, jika ternyata lantai terkena bahan-bahan tersebut, pastikan langsung mengelapnya dan mengepel lantai agar bersih keset kembali.

Baca juga: Takut Terkena Alergi? Yuk Perhatikan Kebersihan Kamar!

4. Perhatikan bagian rawan licin

Karena tidak semua bagian rumah menggunakan keramik lantai yang rentan licin, tetapi menjaga beberapa titik rawan pada lantai rumah dengan memberikan perlindungan berupa keset anti selip. Titik rawan lantai yang rentan terkena masalah lantai licin adalah bagian tempat mencuci piring, depan mesin kulkas, depan area galon. Selalu perhatikan agar lantai rumah untuk tetap dirawat, dan perbaiki jika mengalami kerusakan, agar kenyamanan dalam dapur semakin nyata.

5. Gunakan alat pembersih yang benar

Keramik lantai rumah idealnya dibersihkan dengan menggunakan alat pembersih yang sesuai. Gunakan lap dan ember khusus yang tidak tercampur dengan bahan pembersih lainnya. Selalu bersihkan alat pembersih dengan tuntas agar kotoran atau sisa minyak tidak menempel, sehingga alat pembersih dapat digunakan untuk sesi pembersihan selanjutnya.