Perlu Diperhatikan, Inilah Tips Menata Lampu Gantung di Rumah yang Paling Tepat

Fungsi lampu selain sebagai penerang, juga bisa digunakan sebagai penghias ruangan. Salah satunya adalah lampu gantung. Lampu gantung memiliki bentuk dan model yang beragam serta terkesan unik. Tak heran jika banyak orang yang memilih menggunakan lampu gantung sebagai salah satu opsi dalam mempercantik ruangan.

Nah, bagi Anda yang ingin memasang lampu gantung di rumah, penting untuk memperhatikan tips menata lampu gantung berikut. Pasalnya, lampu gantung yang ditata sembarang tanpa memperhatikan beberapa hal akan menciptakan kesan yang kurang indah.

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Menata Lampu Gantung

1. Luas Ruangan

Luas atau tidaknya suatu ruangan menjadi faktor penentu dalam memilih lampu gantung yang tepat. Berdasarkan luas ruangan, Anda bisa memilih lampu gantung dengan ukuran besar atau kecil. Apabila ruangan Anda cukup luas maka bisa memilih lampu gantung ukuran besar agar ruangan tidak terkesan ‘kosong’. Sebaliknya, jika ruangan sempit maka pilihlah lampu gantung yang kecil agar ruangan tak terkesan ‘penuh’.

2. Desain Interior

Menata ruangan dengan memilih berbagai macam furniture yang senada akan membuat ruangan enak untuk dipandang. Terlebih saat ini sudah banyak jasa kontraktor interior Jakarta yang bisa membantu Anda memadukan furniture yang tepat. Sesuaikanlah lampu gantung dengan desain interior ruangan. Jika ruangan berkonsep vintage, pilihlah lampu gantung dengan model yang antik. Pilihan warna lampu kuning juga akan menambah kesan vintage yang kuat pada ruangan Anda. Ingat, memilih lampu gantung yang sesuai dengan desain interior sangat penting agar terlihat ‘match’.

Baca juga: Memberikan Sentuhan Unik Pada Hunian Anda dengan Mengandalkan Pintu Lipat, Apakah Anda Tertarik Untuk Mencobanya?

3. Ketinggian Langit-Langit

Ruangan dengan langit-langit yang tinggi memang akan memberi kesan yang luas. Hal ini juga berpengaruh dalam pemilihan lampu gantung, lho! Pilihlah lampu gantung dengan tali yang panjang agar tidak tertutup dengan langit-langit yang tinggi. Paling tidak ukuran lampu gantung 1/4 tinggi ruangan dengan ukuran langit-langit yang tinggi.

4. Pemilihan Warna Lampu Gantung

Sesuai fungsi utama lampu, yaitu sebagai penerangan. Maka jangan sampai pemilihan lampu tersebut tidak sesuai dengan fungsinya. Misalnya Anda ingin memilih warna lampu kuning. Maka gunakanlah untuk ruangan-ruangan seperti ruang makan atau ruang keluarga. Jika Anda ingin memasang lampu gantung untuk ruang tamu, pilihlah warna yang terang.

5. Sebagai Lampu Utama atau Sebatas Lampu Hias?

Nah perlu digaris bawahi bahwa tujuan Anda memasang lampu gantung adalah sebagai lampu utama atau hanya sebatas penghias saja? Apabila tujuan Anda adalah sebagai penghias ruangan maka disarankan untuk memasang lampu utama juga. Pasalnya, lampu gantung hias memiliki kapasitas pencahayaan yang terbatas. Apabila ada hal yang mendesak Anda untuk membuat ruangan tersebut terang, maka Anda bisa menggunakan lampu utama. Berbeda jika tujuan Anda sebagai lampu utama dengan pencahayaan yang sudah cukup terang, maka tak perlu lagi memasang lampu utama.

Nah, semoga kelima tips di atas bisa menjadi referensi Anda dalam menata lampu gantung yang tepat di rumah. Jika masih bingung, Anda dapat meminta bantuan jasa kontraktor interior Jakarta untuk membantu menata dan memperindah ruangan Anda.