Karpet Kesayangan Anda Bolong? Perbaiki Dengan Cara Ini!

Ketika mendapati karpet kesayangan di ruang tamu Anda bolong, rasa kesal bercampur sedih pastinya menyeruak. Apalagi kalau karpet itu di beli di toko yang jual karpet tile dan karpet jenis lainnya terbaik yang Anda idamkan selama ini. Jangan khawatir, ada trik yang bisa dipakai agar karpet terlihat kembali sempurna dan tetap bisa membuat ruangan jadi lebih indah.

Langkah Memperbaiki Karpet yang Bolong

Dari uji coba yang sudah dilakukan banyak orang, langkah berikut ini merupakan yang paling banyak menjadi solusi terbaik, karena terbilang, muda, murah dan cepat prosesnya. Soal hasil juga sangat memuaskan, bahkan bisa menyamarkan maksimal bekas bolong pada karpet. Yu simak berbagai langkah berikut.

1. Siapkan Alat dan Bahan

Alat yang diperlukan untuk proses penambalan adalah gunting kain yang super tajam, penggaris, pensil atau spidol yang warnanya sama dengan karpet. Sedangkan bahan yang harus disiapkan adalah lem kain super kuat, kain tambahan yang bisa diambil dari pinggiran karpet atau bagian yang tak terlihat, plastik pelapis bisa diambil dari jas hujan yang tahan air.

2. Ukur Bagian yang Bolong

Potong membentuk persegi empat bagian yang bolong pada produk dari jual karpet tile murah atau jenis karpet milik Anda yang rusak. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah menambal, tapi pastikan jangan ada bagian karpet di daerah bolong yang terlipat atau tidak simetris. Kemudian ukur panjang dan lebarnya.

Baca Juga : Wajib Tahu! Ini Dia Tips Memilih Karpet Untuk Ruang Makan

3. Buat Lapisan Tempelan

Ambil kain tempelan dan potong sesuai ukuran bagian karpet yang bolong, jangan sampai potongannya lebih kecil atau lebih besar dari ukuran yang sudah ada, karena akan berpengaruh pada hasil tambalan nantinya. Selain itu jangan lupa memotong plastik pelabis dengan ukuran lebih 1 sentimeter dari ukuran asli bagian bolong.

4. Balik Bagian Karpet

memperbaiki karpet bolong

Saatnya menempel, balikkan terlebih dahulu karpet produk dari toko yang jual karpet tile langganan Anda tersebut, sehingga bagian bawah karpet berada di atas.  Gunanya adalah untuk mempermudah proses penempelan tambahan pada bagian karpet yang bolong.

5. Lem dan Tempel

Kemudian beri lem semua sisi samping karpet tambalan dan bagian karpet yang bolong dengan lem kain yang kuat, akhiri dengan menempelkan kain untuk menambal ke karpet. Pastikan kedua bagian menempat satu sama lain dengan erat.

6. Lapisi Dengan Plastik Anti Air

Langkah terakhir adalah melapisi bagian yang sudah ditempel dengan plastik anti air agar tahan lama. Caranya beri lem terlebih dahulu seluruh permukaan plastik, lalu tempel menyeluruh di semua bagian bolong yang sudah diberi kain tambal.

7. Pastikan kering

Sebelum kembali dibalikkan ke posisi semula, pastikan semua bagian yang sudah diberi lem kering sempurna, agar tidak menempel di lantai. Setelah itu letakkan kembali karpet seperti biasa, dan Anda bisa lihat bahwa tambalan tak akan menyisakan bekas apapun dan terlihat rapi seperti tak pernah ada bagian yang bolong.

Dengan melakukan langkah seperti di atas, dijamin karpet yang anda beli di toko jual karpet tile murah langganan tersebut akan kembali indah dan bisa menyempurnakan interior ruangan seperti sebelumnya. Jangan lupa memastikan bagian yang bolong terlindung sehingga tak mengalami masalah serupa di kemudian hari. Selamat mencoba!