Mudah Kok! Ini Dia Cara Bersihkan Kotoran Pada Karpet

Cara Bersihkan Kotoran Pada Karpet – Karpet dapat memberikan banyak manfaat kalau kamu memasangnya di rumah atau kantor. Biasanya yang banyak digunakan di rumah atau kantor adalah karpet tile. Selain memberikan nuansa estetika yang berbeda, karpet juga dapat melindugi lantai dari risiko kerusakan akibat benturan benda-benda keras. Namun apa jadinya kalau kapret yang kamu gunakan menjadi kotor? Ya wajar saja kan, namanya juga karpet, pasti menjadi alas duduk atau diinjak oleh banyak orang. Belum lagi noda akibat tumpahan zat-zat tertentu seperti makanan atau minuman. Kamu tidak perlu bingung lagi bagaimana membersihkannya, karena ternyata caranya sangat mudah.

Bersihkan Karpetmu dengan Cara Ini

Karpet jenis tile banyak ditemui di pasangan dengan berbagai variasi harga. Kamu bisa mendapatkan karpet tile murah asalkan kamu jeli dalam membelinya, dan tentunya jago menawarnya. Nah, jika karpet sudah kamu pasang di rumah dan seiring berjalannya waktu jadi kotor, kamu jangan panik. Ada cara yang sangat mudah untuk membersihkan karpet. Dengan cara ini, kotoran dan noda di karpetmu akan hilang serta karpetmu akan kembali seperti baru. Bagaimana caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini!

1. Bersihkan dengan Vacuum Cleaner

Vacuum Cleaner karpet

Karpet sangat mudah ditempeli debu yang banyak berterbangan di udara. Kalau kamu membersihkannya secara manual, pasti akan capek sekali dan menguras banyak waktu. Cara sederhananya adalah kamu bisa gunakan vacuum cleaner, yaitu alat penyedot debu yang akan membersihkan karpetmu dari tebaran debu yang menganggu. Kamu cukup menjalankan vacuum cleaner mengitari seluruh bagian karpet sampai debunya benar-benar hilang. Lakukan pembersihan ini secara rutin agar karpet tetap bersih. Debu yang menempel pada karpet bisa membuat kulit gatal dan mengganggung pernafasan. Buat kamu yang mengidap asma, debu bisa berisiko fatal membuat kamu kambuh.

2. Gunakan Garam

kaki kotor di karpet

Karpet sudah bersih dari debu, eh tiba-tiba ada orang datang menginjakkan kaki kotor ke atas karpet. Tenang, jangan khawatir. Membersihkan noda pada karpet bisa dilakukan menggunakan garam. Zat yang menjadi salah satu jenis bumbu dapur itu dapat membersihkan noda menganggu di karpet. Caranya campurkan garam dengan air hangat. Kemudian lumurkan air di atas noda karpet yang ingin kamu hilangkan. Sikat noda sampai benar-benar bersih. Tapi ingat, menyikatnya jangan terlalu keras, nanti malah bisa merusak karpetmu. Kalau sudah bersih, beri karpetmu pewangi agar aroma garamnya hilang dan karpet kembali kinclong.

3. Pakai Beking Soda untuk Noda Membandel

karpet kotor

Noda yang membandel bisa saja menempel pada karpet kesayanganmu. Biasanya noda membandel diakibatkan oleh makanan atau minuman yang tumpah di atas karpet. Warna makanan atau minuman itulah yang menjelma menjadi noda karpet yang sangat mengganggu pemandangan. Jika nodanya membandel tidak mau dibersihkan dengan cara biasa, gunakan beking soda untuk membersihkannya. Campurkan beking soda dengan air hangat. Aduk rata sampai keduanya menyatu. Setelah itu oleskan di atas noda karpet, kemudian sikat sampai bersih. Kandungan dalam beking soda dapat membantu membersihkan noda yang membandel sekalipun, terutama noda-noda yang berwarna hitam.