5 Cara Alami yang Paling Ampuh Untuk Mengusir Tikus yang Sangat Mengganggu di Rumah

Setiap hunian tidak akan terlepas dari gangguan hama dan serangga yang sangat mengganggu seperti rayap dan tikus. Terutama pada interior bangunan yang bertema kayu akan sangat rentan dengan kehadiran rayap dan tikus, meskipun demikian para material kayu selalu memiliki keunikan tersendiri bagi para penggemarnya. Selain memiliki keunikan material berbahan kayu dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan jenis material lain, inilah yang menjadikan material ini tetap banyak digunakan oleh kebanyakan orang, bahkan dipasaran harga jual lantai kayu murah sangat marak ditawarkan.

Namun tidak hanya pada material kayu, hama tikus juga seringkali menyerang banyak hunian yang tidak identik dengan kayu. Contohnya pada hunian diperkotaan yang modern, tikus selalu mengganggu dan merusak banyak perabotan rumah. Hal ini sangat mengkhawatirkan dan selalu menjadi masalah, kendati demikian ternyata banyak sekali cara alami yang dapat kita lakukan untuk mengatasi masalah tikus dirumah.

5 Cara Alami Mengusir Tikus di Rumah

Pada setiap hunian terutama interior berbahan kayu sebaiknya harus berhati-hati dan melakukan beberapa cara untuk mengusir hama tikus, seperti pada rumah dengan lantai parket kayu, tikus biasanya bersembunyi pada sudut-sudut ruangan dan membentuk lobang yang akan merusak struktur lantai. Untuk mengatasi masalah ini berikut beberapa cara alami yang dapat anda lakukan:

1. Menggunakan Cairan Cabe Rawit

Cara alami yang sangat ampuh untuk mengusir tikus adalah menggunakan cairan cabe rawit, caranya adalah dengan mengambil beberapa potongan cabe lalu tumbuk dan masukan kedalam botol. Cairan yang telah dimasukan kedalam botol kemudian disemprotkan pada area interior ruangan yang sering dilalui tikus, alhasil tikus akan pergi dan tidak mengganggu lagi.

2. Letakan Kulit Buah Durian Pada Area yang Sering Dilalui Tikus

Durian merupakan buah yang sangat populer dan memiliki cita rasa yang khas, namun ternyata kulit dari buah durian dapat kita manfaatkan untuk mengatasi masalah tikus pada dunia interior. Kulit durian bertekstur runcing dan tajam, hal inilah yang membuat tikus takut dengan kulit durian. Kita bisa meletakannya pada beberapa sudut ruangan yang sering terlihat adanya tikus.

3. Hadirkan Daun Kayu Putih

Daun kayu putih merupakan daun yang memiliki aroma menyengat, aroma yang ditimbulkan daun kayu putih sangat tidak disukai tikus. Caranya cukup mudah yaitu letakan beberapa daun kayu putih yang telah dipotong kecil pada area yang terdeteksi adanya tikus, tikus akan pergi dan tidak akan kembali.

Baca juga: Ciri Khas Ruang Hotel Minimalis Yang Diminati

4. Menggunakan Cairan Daun Mint

Cara alami ini cukup mudah untuk dilakukan, tumbuk beberapa potongan daun mint lalu masukan kedalam air pada botol. Cairan dari tumbukan daun mint ini kita semprotkan pada area interior ruangan yang sering mengalami gangguan tikus, dengan aroma mint yang khas tikus sangat tidak menyukainya dan merasa terganggu.

5. Hadirkan Suara Jangkrik

Bila melihat pada habitat aslinya tikus merupakan hewan yang sangat tidak menyukai jangkrik, terutama suara khas jangkrik yang sangat nyaring. Hal ini dapat kita jadikan cara untuk mengusir tikus dengan mudah, tidak perlu menghadirkan jangkrik yang asli namun kita bisa menggunakan rekaman suara jangkrik yang bisa kita nyalakan pada gadget atau alat audio lainnya. Cukup nyalakan suara jangkrik pada ruangan yang terdeteksi adanya tikus untuk beberapa saat, dijamin tikus akan pergi secara permanen.